Cara Mengetahui & Menghitung Kapan Masa Subur Wanita

Cara Mengetahui & Menghitung Kapan Masa Subur Wanita - Memiliki seorang momongan (buah hati) adalah impian serta idaman setiap pasangan suami istri. Masa subur adalah sebuah siklus menstruasi atau haid, dimana pada masa tersebut akan terdapat sel matang didalam rahim wanita yang siap untuk dibuahi. Sehingga, apabila seorang wanita yang sedang dalam masa subur melakukan hubungan suami istri (intim) dan pasangannya mengeluarkan sperma didalam maka besar kemungkinan bahwa peluang terjadinya kehamilan akan sangat besar.

mengetahui kapan masa subur wanita

Cara mengetahui kapan masa subur wanita merupakan salah satu tips hamil yang paling mudah dilakukan. Sehingga, untuk anda yang sedang menginginkan kehamilan untuk mendapatkan seorang momongan (buah hati) dari pasangannya, silahkan simak cara mengetahui kapan masa subur wanita ini sampai selesai dan berikut adalah beberapa cara mengetahui masa subur wanita yang dapat anda lakukan bersama pasangan untuk menyusun program kehamilan.

Pertama, cara mengetahui kapan masa subur wanita dengan memeriksa kesehatan fisik. Pasangan baik suami atau istri, sebaiknya memeriksakan kesehatan fisik sebelum memutuskan untuk menjalani program kehamilan. Pastikan kedua belah pihak tidak memiliki penyakit menular seksual, infeksi pada daerah kelamin dan reproduksi, atau kondisi lain yang menghalangi kesempatan untuk hamil. Bila Anda telah menikah beberapa tahun dan tak kunjung hamil, minta dokter melakukan pemeriksaan lengkap mengenai penyebabnya.

Kedua, cara mengetahui masa subur dengan memeriksa lendir mulut rahim atau cervical mucous (CM). Pada hari pertama setelah periode haid CM akan cenderung kering dan rapuh, jika masa ovulasi akan datang CM menjadi lebih lengket dan basah yang menandakan awal masa subur. CM yang terasa seperti putih telur mentah, menandakan ovulasi yang sangat dekat bisa terjadi dalam waktu beberapa jam saja, dan ini merupakan waktu yang paling subur bagi wanita.

Ketiga, cara mengetahui masa subur dengan tes urin. Penentuan masa subur juga dapat dilakukan dengan cara tes urine. Cara ini memang menjadi salah satu cara yang paling sering dilakukan akhir-akhir ini. Dengan peralatan yang dibuat sepraktis mungkin seperti halnya test pack untuk kehamilan. Konsumen tinggal memasukkan contoh urine ke dalam alat tersebut untuk mendeteksi hormon luteinising yang memicu ovulasi.

Keempat, tips hamil dengan melakukan hubungan seks sebelum ovulasi. Sperma bisa berkembang di uterus dan di tuba falopi selama dua hingga tiga hari. Tetapi telur hanya bisa bertahan 12 jam hingga sehari setelah dilepaskan. Berhubungan seks sebelum ovulasi memperbesar kesempatan bertemunya sperma dengan ovulasi.

Demikian beberapa tips mengetahui kapan masa subur wanita. Sehingga ketika melakukan hubungan suami istri dengan pasangan, kemungkinan terjadinya kehamilan akan sangat besar karena sel matang didalam rahim wanita pada masa tersebut sedang benar-benar matang dan siap untuk dibuahi. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk anda semua.
Advertisement
Ads 300px
Perlu Anda Baca Juga:
Copyright © 2013-2099 Memujimu - Singgasana Dami Template Template by Yusuf Ardi. All rights reserved.